Minggu, 16 Februari 2014

Dan Detective School for DDS Lovers


Detective School Q atau Detective Academy Q (探偵学園Q Tantei Gakuen Kyū) adalah manga karya Seimaru Amagi dan Fumiya Sato yang sebelumnya mengarang manga Detektif Kindaichi. Di Jepang, manga ini diterbitkan secara berseri di Weekly Shōnen Magazine pada tahun 2001-2005. Selanjutnya, serial tersebut dibukukan menjadi 22 jilid oleh Kodansha dan di Indonesia diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Animenya pernah ditayangkan di Jepang oleh TBS dan Indosiar di Indonesia.
Manga ini bercerita tentang kelompok detektif remaja yang berasal dari Dan Detective School (DDS) milik Morihiko Dan. Tokoh utama manga ini adalah Kyu Renjo, seorang anak kelas tiga SMP yang memutuskan untuk tidak melanjutkan ke SMA, tetapi ke sekolah detektif. Selain Kyu, ada beberapa tokoh penting lainnya, antara lain Megumi Minami, Kintaro Toyama, Kazuma Narusawa, dan Ryu Amakusa.
Cerita dalam manga ini berkisar pada aktivitas mereka sehari-hari di sekitar sekolah, pemecahan kasus, dan konflik dengan organisasi kriminal bernama Meiosei.

Dan Detective School (DDS) didirikan oleh Morihiko Dan, seorang detektif terkenal yang telah menyelesaikan banyak kasus, tetapi belum berhasil menghancurkan Meiosei, sebuah organisasi kriminal yang dalam bahasa Inggris berarti Pluto. Perselisihan ini jugalah yang menyebabkan dirinya harus duduk di kursi roda seumur hidupnya. Morihiko Dan adalah satu-satunya detektif swasta di Jepang yang memiliki lisensi untuk menggunakan senjata api.



Profil Murid kelas Q

Kyu Renjo

連城究 (Renjō Kyu)
  • Panggilan: Kyu
  • Usia: 14 tahun
  • Warna rambut: Hitam kehijauan
  • Warna mata: Hijau keemasan
  • Tinggi: 154 cm
  • Debut: Episode 1
Kyu Renjo atau biasa disapa Kyu, adalah seorang remaja yang ceria, optimis dan pantang menyerah. Terkadang ia mampu bersikap serius seperti saat menjawab ejekan dari A Class karena kegagalan Q Class dalam peristiwa pembunuhan yang dirancang oleh Cerberus (dapat dibaca di volume 13-14) sehingga banyak yang menganggap bahwa Kyu lebih misterius dari Ryu. Kyu masih duduk di bangku kelas tiga SMP dan memutuskan untuk tidak melanjutkan ke SMA untuk bersekolah di DDS. Kyu adalah anak tunggal dari orang tua tunggal, yaitu ibunya, Mizue. Kyu sebenarnya mempunyai ayah seorang detektif, tetapi ibunya merahasiakan identitas ayahnya itu sampai akhir cerita.
Ketika masih kecil, Kyu sempat diculik dan ditolong oleh seorang detektif. Ia begitu mengagumi detektif yang ia sapa dengan sebutan Paman Detektif itu. Sejak itu pula, Kyu ingin menjadi seorang detektif seperti Paman Detektif yang ia kagumi. Kyu sempat terkejut ketika mengetahui bahwa detektif itu tewas saat melindungi Morihiko Dan dalam pertempuran melawan Meiosei. Pada akhirnya, Kyu mengetahui fakta bahwa Paman Detektif yang ia kagumi bernama Satoru Renjo, tangan kanan Morihiko Dan sekaligus ayah kandungnya, ketika diberitahu oleh King Hades, pemimpin Meiosei.
Kemampuan Kyu adalah analisanya yang sangat cepat dan tekniknya yang tidak terburu-buru. Ia jugalah yang paling sering mengandalkan buku saku DDS dan buku pemberian Satoru Renjo. Ucapan khas Kyu adalah "Jawabannya hanya ada satu!" setelah memecahkan suatu kasus seperti halnya ucapan Kindaichi, "Semua teka-teki telah terpecahkan!".

Megumi Minami

美南恵 (Minami Megumi)
  • Panggilan: Meg
  • Usia: 14 tahun
  • Rambut: Pink
  • Tinggi: 163 cm
  • Debut: Episode 1
Megumi Minami atau biasa disapa Meg adalah satu-satunya perempuan di Q Class. Ia tinggal bersama dengan kakaknya karena orang tuanya bekerja di luar negeri. Sifatnya emosional seperti saat menghajar Kyu dan Kinta sampai babak belur karena mengintipnya mandi di pemandian air panas Desa Jinchu dalam kisah pembunuhan ruang tertutup "Legenda Maya Hime" (volume 11-12). Akan tetapi, ia juga centil seperti saat ia terlihat malu-malu ketika Ryu memakai topeng wajahnya. Saat berusia 4 tahun, ia mampu mengidentifikasi wajah pelaku perampokan secara berturut-turut sehingga menjadi penerima penghargaan dari markas kepolisian termuda sepanjang sejarah.
Meg pernah belajar di Tokyo National Talent Development Research Center atau Pusat Penelitian Pengembangan Bakat Nasional di Tokyo bersama Yutaka Saburomaru. Sebenarnya, di sana ia telah bertemu dangan Ryu Amakusa, tetapi ingatannya telah dihapus melalui hipnotis oleh King Hades walaupun akhirnya dapat dipulihkan kembali dengan kata kunci penghilang hipnotis oleh Morihiko Dan.
Meg memiliki bakat unik, yaitu ingatan fotografis. Dengan bakatnya itu, Meg bisa mengingat apa pun hanya dengan sekali pandang.

Kazuma Narusawa

鳴沢数馬 (Narusawa Kazuma)
  • Panggilan: Kazuma
  • Usia: 11 tahun
  • Debut: Episode 1
Kazuma adalah seorang anak SD jenius yang dikenal sebagai pembuat permainan video handal. Saat berusia tujuh tahun, Kazuma sudah mengembangkan perangkat lunak permainan video buatannya sendiri. Permainan video buatannya laku keras secara berturut-turut sehingga ia dijuluki sebagai pemrogram jenius.
Selain itu, Kazuma adalah pemecah kode yang handal. Dengan bekal sebuah laptop, internet, dan program-program buatannya, keberadaanya sangat penting di Q Class untuk ikut membantu memecahkan kode-kode rahasia yang ditemukan dalam kasus-kasus yang dihadapi. Kazuma adalah putra ketiga Takuma Narusawa, seorang konglomerat yang memimpin perusahaan Narusawa Industry dan memiliki rumah yang besar serta beberapa resor yang tersebar di seluruh Jepang.
Kemampuan Kazuma adalah memecahkan kode dan menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan data, kode, dan perhitungan matematis dengan bantuan komputer.

Kintaro Toyama

遠山金太郎 (Tōyama Kintarō)
  • Panggilan: Kinta
  • Usia: 18 tahun
  • Tinggi: 180 cm
  • Debut: Episode 1
Kintaro Toyama atau biasa disapa Kinta adalah anak seorang petinggi kepolisian yang disegani, Komisaris Kinzaburo Toyama. Kinta hidup mandiri dan biasa bekerja sambilan walaupun sering berganti-ganti pekerjaan. Kinta adalah anggota Q Class yang mengandalkan kekuatan fisik, tetapi penakut. Ia adalah keturunan Klan Toyama yang berprofesi sebagai detektif sejak Zaman Edo.
Kinta mengantongi Dan 3 untuk judo dan karate serta Dan 4 untuk karate yang didapatnya bersama dengan teman masa kecilnya, Sumire Chikamatsu. Ia juga mahir dalam olahraga atletik dan berenang. Walaupun demikian, Kinta adalah yang terlemah dalam hal analisis kasus karena hanya mengandalkan insting liarnya. Selain memiliki insting yang kuat, ia mempunyai daya penglihatan yang tajam dari jarak jauh dan mempunyai penciuman yang tajam.

Ryu Amakusa

天草流 (Amakusa Ryū)
  • Panggilan: Ryu
  • Usia: 14 tahun
  • Berat: 47 kg
  • Tinggi: 168 cm
  • Golongan darah: A
  • Warna rambut: Biru
  • Warna mata: Abu-abu
  • Debut: Episode 2
Ryu adalah anak jenius dan pendiam, tetapi juga bisa bercanda dengan Q Class yang periang. Sangat kompak dengan Kyu, ia tinggal bersama dengan Kyu saat kabur dari rumahnya. Kemampuan matematikanya luar biasa dan dan sangat fasih berbahasa Inggris, terbukti dalam kasus video pembunuhan (snuff video, dapat dibaca di volume 7). Ryu juga sangat suka mempelajari tentang penyakit dan racun. Hal ini wajar karena Ryu pernah menempuh ilmu di Amerika dengan pendidikan yang di atas rata-rata kemampuan anak-anak seusianya. Ia menjalani masa SD dengan normal selama 6 tahun, SMP satu tahun, dan mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan SMA-nya selama satu tahun. Selanjutnya, ia direkomendasikan untuk masuk ke Massachusetts Institute of Technology (MIT) walaupun tidak diambilnya dan memilih untuk kembali ke Jepang.
Ia juga sangat menyukai natto yang disajikan oleh ibu Kyu. Ryu agak jengkel dengan Nanami karena pernah dipaksa masuk ke sekolah wanita untuk memecahkan kasus pembunuhan dalam drama sekolah. Ia bahkan juga pernah dipaksa untuk mengenakan pakaian kulit tubuh wanita buatan Dr. Dokuro.
Ryu memiliki hubungan darah tidak langsung dengan King Hades, pemimpin Meiosei. Pertalian darah ini disebabkan karena Ryu adalah cucu King Hades yang merupakan anak sah dari Takumi Kuzuryu, sementara King Hades adalah anak dari Takumi Kuzuryu sendiri. Ketika orang tuanya meninggal, ia diurus oleh seorang pengawas yang ditunjuk oleh Meiosei. Anehnya, Ryu malah dimasukkan ke DDS yang nyata-nyata adalah sekolah milik musuh bebuyutan Meiosei. King Hades juga tidak mencegah Ryu untuk bergaul dan tinggal serumah dengan Kyu setelah kabur dari rumah. Ternyata, tujuan King Hades adalah agar Ryu mengalami apa yang dulu King Hades alami, yaitu kehilangan kepercayaan sehingga kelak Ryu akan bersedia menjadi penerusnya. Akan tetapi, Ryu yang sempat menyetujui permintaan Meiosei akhirnya menolaknya mentah-mentah dalam pertempuran terakhir antara Meiosei melawan DDS. Akhirnya, terungkap bahwa ayah Ryu, Shizuka Amakusa, yang disangka mati bunuh diri, ternyata masih hidup dan hanya dihipnotis oleh Meiosei.
Kemampuan Ryu adalah analisanya yang nyaris sempurna dan sifatnya yang tenang walaupun sering terlihat emosi dan terburu-buru seperti dalam kasus Setsugekka (volume 13-14) kasus biola Testa di Drago (volume 9-10), dan Shi'unryu. Hal ini disebabkan karena kasus-kasus tersebut berkaitan dengan Meiosei dan ia merasa bertanggung jawab atas keselamatan teman-temannya. Ucapan khas Ryu adalah "Akhirnya kabut pun menghilang..." dan "Teka-teki semakin dalam...".
Wajahnya yang tampan, tubuhnya yang "cantik", dan kemampuan otaknya yang sulit diprediksi membuatnya digandrungi oleh Kuniko Toya, siswi A Class. Selain itu, banyak pula cewek yang mengakui ketampanannya seperti dalam kasus di Perguruan Shibusawa dan Perguruan Himeyuri.

*sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Detective_School_Q

Tidak ada komentar:

Posting Komentar